Troubleshooting Kode HTML Pada WordPress

Bukan hal baru lagi bahwa kode yang di-copy dari posting WordPress tidak akan berjalan sewaktu kita paste-kan di blog kita (WordPress atau Blogspot). Masalah semacam ini sangat merugikan pengguna WordPress yang isi dari blog mereka berisikan tutorial dan tips WordPress, karena pastinya isi posting mereka sebagian berisi kode-kode HTML Dan juga merugikan pengunjung yang hendak meng-copy kode dari blog anda, karena kode tersebut tidak dapat berjalan.

Banyak komplain dari para pengunjung sewaktu mengambil kode yang berada di WordPress. Letak masalahnya bukan dari kode tersebut, melainkan tanda petiknya ( ” ” ). WordPress menganggap tanda petik tersebut sewaktu kita tuliskan di posting, WordPress cuma menganggap sebagai karakter tulisan dan bukan sebagai kode.

Maka dari itu sewaktu kita copy kode tersebut dari WordPress dan kita paste-kan kode tersebut pada blog kita (Blogspot, WordPress atau yang lainnya) tidak dapat dieksekusi atau error. Untuk melihat perubahannya, coba kode tersebut kita taruh di notepad.

Letak perubahan terbesar adalah pada perubahan tanda petik, yang semula ( ” ) menjadi ( ” ). Lihat seksama… cuma beda bentuk walaupun sama-sama tanda petik tetap saja kode tidak mau jalan. Dan 100% bisa saya pastikan bila kode tampak seperti ( ” ) sudah pasti kode tersebut bila dipasang di WordPress atau blog lainnya tidak akan bisa jalan. Bukan cuma tanda petik saja, bila kita teliti ada sebagian karakter kode yang berubah menjadi karakter yang tidak terbaca.

Biasanya bila kita menuliskan kode bahasa pemrograman pada halaman posting di menu ‘Visual’ baik itu kode HTML atau JavaScript, maka kode itu akan hilang sewaktu kita ‘Save Draft’ atau ‘Publish’.

Dalam penulisan kode dalam mode visual memang tidak mengalami kesalahan, namun sewaktu saya copy code tersebut dari blog asal, maka kode itu akan berubah bentuk, khususnya tanda petiknya. Hal tersebut disebabkan karena WordPress menganggap tanda petik sebagai karakter huruf dan bukan sebagai kode.

Maka cara mengatasinya adalah sebagai berikut :

1. Dengan Macomedia Dream Weaver

Bagi saya pribadi lebih memilih memakai Macromedia Dreamweaver MX (MD MX) untuk mengakalinya, caranya adalah :

* Buka aplikasi MD MX anda atau aplikasi sejenis dengan MD MX
* Pada menu ‘Create New’ pilih ‘HTML’
* Kemudian muncul halaman penulisan dan tekan tombol ‘Split’ untuk menampilkan area kode (bagian atas) dan area penulisan (bagian bawah)
* Tulis kode HTML atau JavaScript pada area penulisan
* Secara otomatis MD MX akan menuliskan kode HTML-nya pada area kode yang terletak diatas area penulisan
* Kemudian pada area kode, blok seluruh kode HTML/JavaScript untuk meng-copy-nya

Kemudian anda login ke WordPress anda dan buat posting baru.

* Setelah halaman posting tampil, pilih mode ‘HTML’
* Kemudian paste-kan kode HTML yang telah anda copy di MD MX pada mode ‘HTML’ ini
* Kemudian kembali ke mode ‘Visual’ untuk melakukan pengaturan
* Setelah selesai klik tombol ‘Publish’

2. Dengan leawat Notepad
Setelah kode yang anda copy dari blog WordPress lain silahkan PASTE di notepad. Kemudian ganti semua tanda petik ( ” ) yang ada dalam kode tersebut di notepad satu persatu dengan cara mengetikkan tanda petik baru dari keyboard anda.Atau tulis/ketik ulang seluruh kode secara manual dengan menggunakan keyboard di notepad.

Setelah semua tanda petik diganti dengan mengetikkan tanda petik dari keyboard anda, silahkan pasang kode tersebut diblog anda.

 

Sumber : http://krisnaangga.wordpress.com/2010/06/30/mengatasi-kopi-paste-kode-html-pada-wordpress/

Explore posts in the same categories: Tips

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: