Perkembangan Mobile Learning

Kemajuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi sekarang ini sudah bukan menjadi hal yang asing lagi di tengah kita. Semakin hari perkembangannya semakin cepat dan mampu memberikan banyak kontribusi positif kepada masyarakat. Kontribusi yang dimaksud tak lain dan tak bukan adalah dengan tujuan untuk mempermudah masyrakat dalam melakukan aktivitas sehari – hari.
Seperti yang kita ketahui, perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi memang erat sekali kaitannya dengan berbagai macam bidang kehidupan. Salah satu yang selalu menjadi objek sasarannya adalah bidang pendidikan. Sebagai contoh real, dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, saat ini terciptalah metode pembelajaran berbasis internet atau biasanya seringdisebut dengan e-learning. Alternatif pembelajaran yang ditawarkan oleh e-learning dalam perkembangannya menjadikan banyak orang kian aktif dalam mencari dan menganalisis informasi yang ingin didapatkan.
Penggunaan internet kini tidak hanya dapat diakses melalui perangkat computer tetapi juga dapat diakses dengan perangkat mobile(handphone). Hal ini juga menjadikan banyak produsen telepon seluler dan operator layanan telepon (GSM dan CDMA) mem-bundle fasilitas pada ponsel-ponsel yang mereka produksi dilengkapi dengan web browser, semacam Opera Mini, atau Google Search versi mobile. Dengan adanya fasilitas tersebut, tentu lebih membuktikan bahwa kegunaan handphone tidak semata-mata hanya sebagai alat komunikasi saja, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal belajar, apalagi jika melihat kebutuhan manusia dalam mendapatkan ilmu pengetahuan itu tidak pernah mengenal kata terbatas.
Berangkat dari perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi tersebut, akan sangat bermanfaat sekali jika dibuat suatu model pembelajaran baru yang fleksibel dan interaktif untuk memenuhi kebutuhan belajar manusia layaknya Mobile Learning. Mobile Learning merupakan suatu model pembelajaran yang diciptakan untuk benar-benar memaksimalkan kecanggihan perangkat ponsel dengan mengusung konsep ‘belajar tidak kenal tempat dan waktu’. Pengembangan mobile learning ini menggunakan aplikasi software Java serta memanfaatkan teknologi transfer seperti bluetooth, infrared, untuk transfer dan instalasi aplikasi. Perangkat yang dapat digunakan untuk pembelajaran ini pun adalah handphone yang mendukung Java tentunya. Selain itu, dikarenakan Mobile Learning yang dibuat disini sifatnya offline, maka tidak membutuhkan jaringan GPRS, 3G, dsb untuk melakukan browsing di internet.
Adapun hal yang diharapkan dari pembuatan aplikasi pembelajaran yang berbasis mobile ini adalah untuk lebih memotivasi minat belajar peserta didik serta untuk akses pemerataan informasi pendidikan. Dengan memberikan suasana baru, harusnya para peserta didik tidak akan beranggapan lagi bahwa belajar itu hanya melulu melalui buku dan membosankan, apalagi jika Mobile Learning-nya dikemas semenarik mungkin, tentunya materi yang disampaikan akan lebih mudah dipahami oleh si pebelajar.

Explore posts in the same categories: IT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: